Selasa, 18 Oktober 2011

Jalan Lintas Sumatera


Jalan Raya Lintas Sumatera adalah sebuah jalan raya yang membentang dari Utara sampai Selatan Pulau Sumatera. Berawal dari Banda AcehNanggroe Aceh Darussalam sampai ke Pelabuhan BakauheniProvinsi Lampung dengan total panjang jalan 2.508,5 km. Jalan Raya Lintas Sumatera merupakan bagian keseluruhan Jaringan Jalan Asia rute AH25 .
Jalan Raya Lintas Sumatera ini sering disebut sebagai Jalan Lintas Sumatera. Dahulu Jalan Raya Lintas Sumatera sebenarnya hanya menunjuk kepada jalan raya yang berada di pesisir timur Pulau Sumatera yang berarti minus bagian jalan raya di pesisir barat yang melintasiProvinsi Sumatera BaratProvinsi Bengkulu. Saat ini terdapat 4 jalan utama di Pulau Sumatera, yaitu Jalan Raya Lintas Barat (Jalinbar), Jalan Raya Lintas Tengah (Jalinteng), Jalan Raya Lintas Timur (Jalintim), dan Jalan Raya Lintas Pantai Timur.

Daftar isi

  [sembunyikan

[sunting]Kota-kota yang dilintasi Jalan Raya Lintas Barat

Jalan Raya Lintas Barat melintasi 3 provinsi di Pulau Sumatera.

[sunting]Sumatera Barat

[sunting]Bengkulu

[sunting]Lampung

[sunting]Kota-kota yang dilintasi Jalan Raya Lintas Tengah

Jalan Raya Lintas Tengah pada dasarnya bermula dari MedanSumatera Utara dan berakhir di Pelabuhan BakauheniLampung, melintasi 5 provinsi di Pulau Sumatera.

[sunting]Sumatera Utara

[sunting]Sumatera Barat

[sunting]Jambi

[sunting]Sumatera Selatan

[sunting]Lampung

[sunting]Kota-kota yang dilintasi Jalan Raya Lintas Timur

Jalan Raya Lintas Timur melintasi 6 provinsi di bagian pesisir timur Pulau Sumatera.

[sunting]Nanggroe Aceh Darussalam

[sunting]Sumatera Utara

[sunting]Riau

[sunting]Jambi

[sunting]Sumatera Selatan

[sunting]Lampung

[sunting]Kota-kota yang dilintasi Jalan Raya Lintas Pantai Timur

Jalan ini merupakan jalan baru dan belum tuntas pembangunannya. Jalan ini dibangun untuk mengurangi kepadatan jalan di Jalinteng bagi para pengguna jalan yang menuju Jalintim.

[sunting]Lampung

[sunting]Kondisi saat ini

Jalan Raya Lintas Sumatera merupakan jalur perhubungan darat yang terpenting di Sumatera. Ini dikarenakan jalur KA hanya ada di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Lampung.
Namun, banyak ruas jalan di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung mengalami kerusakan yang sangat parah walaupun pemerintah telah mengalokasikan banyak dana dalam beberapa tahun anggaran terakhir.
Di beberapa bagian ruas jalan yang menghubungkan antara Bengkulu dan Lampung juga rawan kejahatan di malam hari serta longsor bila hujan. Sedangkan di beberapa ruas di Jambi sering diketemukan binatang liar.

[sunting]Jalan Tol Trans-Sumatera

Sumatera adalah pulau yang memiliki potensi pengembangan kedua terbesar setelah Jawa. Pemerintah walau sedang menghadapi krisis berkepanjangan namun juga mengalokasikan dana buat pembangunan jalan tol di Sumatera. Namun juga oleh karena kekurangan dana tersebut maka dalam periode tahun 2005-2010, Sumatera hanya kebagian 2 ruas jalan tol yaitu Jalan Tol Medan-Binjai (20,5 km) dan Jalan Tol Palembang-Indralaya (24,5 km). Padahal total panjang jalan tol yang direncanakan dibangun di seluruh Indonesia pada periode 5 tahun tersebut sejumlah total 1640 km.
Tentu di masa depan, tujuan jangka panjang pemerintah adalah mewujudkan infrastruktur jalan tol Trans-Sumatera yang memberikan akses mobilitas yang lebih tinggi antara ujung utara dan ujung selatan Pulau Sumatera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar